Pages

Friday, May 27, 2011

Tom Kha Goong



Guys, FYI, Ini bukan nama saudaranya Tom Cruise si artis Hollywood pemeran film "Top Gun" loh , juga bukan nama panjang dari si kucing Tom musuhnya Jerry di kartun terkenal  produksi warner bros itu.

Ini adalah sejenis makanan dari Thailand yang saya coba beberapa hari yang lalu, makananya enak banget, suerr deh..! mungkin karena pencampuran berbagai rasa yang khas, soalnya ada manisnya, asinya, masamnya namun yang paling terasa adalah rasa gurih dari kuahnya...sedaappp!

Makanan ini sejenis makanan seafood kayak rasa Tom Yam gitu deh, namun yang membedakan adalah kuahnya itu, kata sikawan yang dari Thailand, tom kha goong (baca; tom ka kung) itu dimasak dengan menggunakan coconut milk serta air kelapanya sekalian untuk menjaga rasa gurih dari udang supaya lebih terasa. dan si tom kha goong ini tahu nggak? di serve langsung dengan menggunakan batok kelapa aslinya.... Bener-bener menitikkan airliur saudara-saudari .. .hehehe. 

Menu makan siang seharga RM.18.99 di The Gardens ini sebenarnya "terpaksa" saya pesan karena di "paksa" ikut acara kantor loh..hehee. Ceritanya gini, kata sikawan di kantor kami itu ada program "makan keluar" kalau target perusahaan tercapai. Nah saya mah karena newbi alias baru di perusahaan ini, yah mau nggak mau mesti ikut dong... terpaksakan..hehehe

Nah siang hari itu si bos (Regional Overseas Director) serta dua tim di kantor kami, Yakni Tim planning dan Tim support XXX,  berencana makan siang bareng di "Rak Thang" sebuah restoran Thailand yang bertempat di The Gardens Mid-Valley.

Nah dari kantor kami berangkat konvoi naik mobil, karena saya nggak ada mobil dan untuk menunjukkan solidaritas plus penghematan saya memutuskan ikut mobil kawan baik saya dikantor.hehe 

Dari kantor ke Rak Thang cuman mengambil waktu sekitar  10 menitanlah. nah setelah tiba, acara dimulai dengan  boss sambutan 5 menit,  singkat, padat jelas.Isi sambutanya..cuman saying thanks gitu deh, atau dianya juga sudah lapar kayak saya...hehe. Si boss saya ini orangnya friendly and baik, suka nyapa duluan kalau ketemu.. Kalau ada meeting di kantor kami tuh paling suka kalau bilang kayak gini ke kami-kami " did you guys need anything?". Sebagai seorang Director overseas dari sebuah perusahaan IT resourcing and management, dia memang qualified and low profile. Mungkin yah karena sudah berpengalaman di berbagai perusahaan sebelum di "hired" mengisi posisi direktur di kantor regional di Malaysia yang mengcover project-project di Asia-Australia dan latin Amerika. 

Sebenarnya Perusahaan tempat kerja saya ini termasuk unik, sebagai perusahaan IT yang berkantor pusat di Stockholm, Swedia. Regional overseasnya baik di Malta dan Malaysia adalah penyedia solusi buat online web..(guys saya cuman bisa cerita segitu..the rest adalah rahasia perusahaan..hehe). Nah karena ini adalah perusahaan internasional  yang bergerak di berbagai negara, maka diperlukan "local resource" dinegara dimana perusahaan ini ada projek... berlandaskan hal tersebut maka saya ditarik bekerja di perusahaan ini. 

Awalnya sih, bisa bekerja disini karena rekomendasi kawan, trus di suruh hubungin HR nya, yah tanpa berfikir lama-lama langsung aja saya kontak kantor tersebut. Setelah ngobrol lewat telephon, trus saya di minta datang kekantornya beberapa hari kemudian buat interview. Waktu itu yang nginterview 2 orang dari HRD and team leader Support XXX. Alhamdulillah interviewnya berjalan dengan lancar.. yang paling saya ingat kalimat akhir mereka yang bilang gini sambil nyalamin saya, selepas intervieww dalam bahasa inggris itu.." since we have you, I think we no need to find other candidates"... So bergabunglah saya dengan perusahaan tersebut setelah training beberapa hari kemudian...hehehe.

Tahu nggak yang paling saya suka bekerja dikantor ini? adalah "jarak"... jarak dari kantor ke apartment saya cuman 5 menit jalan kaki..hahahaha.. soalnya kawasan perkantoranya pas di samping rumah... jadi kalau ngantor tinggal jalan kaki and  trus kalau "lunch hours" tinggal pulang kerumah makan... hahaha.. hemat.hemat.

Nah lunch siang itu 'kasta' di perusahaan seolah oleh terlebur, Semuanya seperti satu keluarga besar..hehehe. nah waktu si boss selesai ngasih sambutan, dai lalu mempersilahkan kami untuk memesan  "main cost" atau makanan inti buat kami masing-masing.  Untuk menemani beberapa menu makanan sudah di pesan terlebih dahulu.. kemudian dia bilang " its all company's bill'...

Hehehe...nah!!! mendengar itu langsung deh, kupesan makanan yang paling unik yang ada di daftar menu "tom kha goong". unik sih soalx di sajikan langsung dengan batok kelapanya.hehehe. Trus juga karena harganya yang diatas harga rata-rata makanan di restaurant tersebut..wkwkwkk... kapan lagi makan dibayarin perusahaan sekalian aja saya pilih yang mahal-mahal...tapi memang harganya sesuai rasanya...wow, sedap nian dikau Tom Kha Goong.



Kuala Lumpur, Akhir April 2011
Karyawan kasta sudra di Besedo.com

Budi Hamuddin


0 comments: