Pages

Wednesday, August 17, 2011

Ramadhan Weekend Special dan 2 Mangkuk Soto Ayam Special.


Cerita ini akan kumulai dengan sebuah pertanyaan tidak penting,... sebenarnya sih nggak perlu-perlu amat ditanyain tpai demi intro tulisan ini yah nggak papalah. ...Guys!!..pernah nggak kalian naek motor shubuh-shubuh ditengah hujan yang derasnya minta ampyun dengan backsound guntur dan petir. Kami sudah ngerasainya tadi shubuh,sekitar pukul 3.00.am waktu kami balik dari Mid-V dan nggak bawa mantel hujan...hehehe

Nah ceritanya kenapa kami bisa maen-maen hujan shubuh-shubuh kayak orang kurang kerjaan, ceritanya begini.... 

Semenjak dua mingguan ini setiap jumat-sabtu di akhir pekan, kami bertiga; saya, mas Zaka &  bang Fadli  2 orang sahabat saya itu dan beberapa kawan-kawan yg laenya yang sering nongkrong di PCIM diminta jadi mentor buat sebuah acara ramadhan spesial di akhir pekan, sebuah acara dengan format seperti pesantren ramadhan yang di buat khusus untuk anak-anak indonesia yang ibu-ibunya tergabung sebuah organisasi bernama WIATMI atau wanita istri ahli teknik minyak Indonesia atau kumpulan pengajian orang-orang indonesia yang kebanyakan bekerja di sektor perminyakan kayak Petronas, Shell,Exxon.dll.

Nah ramadhan kali  mereka ini membuat program pesantren ramadhan dan   bekerjasama dengan ibu-ibu Aisyah-PCIA-PCIM Malaysia, nah karena kami bertiga sering nongkrong di PCIM, yah "otomatis" diminta untuk membantu program pesantren Ramadhan tersebut.

Nah selama beberapa hari itu kami "bermain" dengan anak2 dengan berbagai jenjang umur tergantung "jatah",..kalau bang fadli, sahabat saya yang anak medan ini, dapat jatah mentoring anak-anak remaja level SMA, kalau mas zaka dapat "jatah" yg level anak SMP.

Kawan2 pasti berfikir saya pasti dapat "jatah" anak-anak SD, karena 2 org kawan saya itu sdh mendaptkan jatah anak-anak SMP and SMA...jawabnya adalah salaah!!.... pada program pesantren ramadhan yang itu saya dapat "jatah" belasan anak-anak pre-school...hahaha,. belasan anak-anak kecil yang baru lepas menyusui (ini istilah kawan saya) ini di amanahin dan dibimbing dalam program tersebut, liat aja size anak-anak itu pada foto diatas..wkwkwk .

Ceritanya sih lucu knapa saya bisa dapat "jatah" belasan anak-anak kecil nan lucu serta imut-imut itu. Kalau dikilas balik waktu itu saya datangnya agak lambat sih waktu briefing, jadi "jatah" yang tertinggal  "cuman" tinggal kelas dengan level anak-anak pre-scholl tersebut.

Kawan-kawan yang lain sudah memilih level-level anak-anak yang menurut mereka bisa "lebih komunikatif" dengan mereka. trus beberapa diantara kawan-kawan tersebut malah berargumen "abangkan suka dengan anak kecil, jadi kami tinggalin yang itu" sambil mesem2 dan berlalu..walahhh!!

Anyhow justru karena dapat "jatah" anak-anak yang less-skill ini., ternyata 4 hari kedepan saya justru dipenuhi dengan "kecerian" serta "nyanyi-nyanyi" bersama mereka and alhamdulillah bersama anak-anak itu saya lebih sejahtera, nggak percaya lihat deh poto diatas itu deh. Saya sangat sejahtera dengan berbagai makanan disekeliling....hehehe...

Namun, setelah beberapa hari saya baru sadar ternyata bukan itu saja alasan kawan2 pada prefer milih anak-anak dgn umur yg agak gede, mereka ternyata takut dapat tambahan tugas  klw anak-anak kecil itu  harus  "EE" dan ortunya nggak ada. Lihatlah poto yg diatas ini, situasi inilah yang kadang terjadi selama pesatren ramadhan tersebut..hehe.. foto tersebut otentik saudara-saudari soalx diambil menggunakan cctv merangkap HP jadulku..hehehe,..btw maaf nak yah, jika fotomu kuexploitasi...wkwkwk....

Nah selama 4 hari (2x jumat-sabtu) pesantren ramdhan itu, disela-sela mentoring atau dalam perjalanan pergi-pulang, ide untuk pergi nonton bareng sering tercetus dan hari-demi hari semakin mengkerucut. Akhirnya fix bahwa bagusx selepas acara penutupan pesantren ramdhan malam minggu kemaren itu, kami akan pergi nonton. Namun karena salah seorang diantara kawan baik saya yaitu bang fadly berhalangan hadir pada penutupan pesantren ramadhan dan  anyhow, ternyata acara  itu menguras banyak energy serta waktu yg mepet maka planning nonton malam itu kami pending.

Bayangin aja nge arrange slot tiap anak-anak dari level 0-class sampai remaja makan banyak waktu, belum lagi ngurusin performance anak-anak hahaha,..apalagi kelas saya,.. yang rata-rata umur 3-4 tahun....hahaha,..but you know what,..its a kind of miracle happened that night, anak-anak kelas pre-school kami rapi dan teratur dan bisa performance kayak  ngebacain doa-doa, surah-surah pendek yg sudah diajarin, short fashion show (walaupun yg ini agak semrawut..but that makes the show more interesting) hehe,dan yang peling penting yel-yel mereka yang ngegemesin...hahahaha,.. I'm gonna miss that kids a lot!!... they make me proud and happy that night!!

Dan akhirnya kami memutuskan untuk menundanya esok harinya,... Nah yang saya lupa bahwa esok minggu  itu yg bertepatan dengan hari ke 14 Ramadhan, sy sudah ada rencana dengan kawan-kawan chat boxer RPD (radio ppi dunia) mau ngadaiin acara masak-masak sekaligus berbuka puasa bersama dan tempatnya adalah di rumah saya...hahaha. yang menjadikannya situasinya jadi kompleks bahwa, saya lupa pula ngebilangin ke bang fadly sahabat saya yg anak medan itu.

Nah esoknya, mulai pagi saya sudah sibuk ngurusin persiapan acara berbuka di rumah kami, mulai merapikan rumah , shoping sebagian barang2 buat bukaan, sampai ngejemputin kawan2 satu persatu di stasion kereta LRT, dan sayapun terlupa dgn rencana acara nonton kami itu, sayapun baru nyadar selepas sholat zhuhur , lalu kucoba menelponya,..namun tak terjangkau... biasax si bang fadli klw lagi nge-off  HP brarti lagi "bertugas" dianya. yah kawan saya yg satu itu selain manager sekaligus Chef di sebuah cafe dia juga nyambi jadi Ustad, so sering "on duty" di berbagai tempat ... so saya mutuskan buat nge sms aja minta datang kerumah sekalian ngebantuin acara masak-masak itu, so begitu di aktifin Hp nya dia bisa langsung baca.

Sebenarnya acara masak-masak ini di gagas oleh si mas wiend sakti myharto salah seorang dije di RPD, dan entah kenapa tanpa pemberitahuan sebelum langsung mendaulat saya di postingan FB sebagai tuan rumah buat acara buka bersama itu... Pas buka FB hehehe kaget juga sih ditembak dgn cara gitu,.. yaah, saya sih seneng aja di tunjuk jd tuan rumah, itu berarti kawan2 di RPD percaya kita bisa jadi tuan rumah yang baik...lagian inikan bulan puasa yg penuh keberkahan...so why not, moga2 ini bisa bernilai ibadah di bulan penuh rahmat ini..!!

Nah setelah berdiskusi dengan kawan2 lewat FB and chatbox RPD maka disepakati bahwa masakan utamanya pada bukabersama itu adalah soto ayam dan duren trus demi lebih berkesanya acara selaturahmi itu antar kawan mahasiswa indonesia di malaysia, yang sering nongkrong di chat box RPD,.. semuanya harus ikut turun tangan buat masak-masak...hehehe..dan Alhamdulillah di komandoi mbak dian, tia dan ilel, 3 cewek asli minang penghuni penghuni tetap CB RPD yang juga mahasiswa asal UUM Kedah ini masakan utamanya berupa soto ayam special bisa terwujud, spesiallah soalx dikerjaiin secara gotong royong hehehe..yg cewek masak trus yg cowok jadi tukang potong2 sayurnya, liat aja poto yg di atas itu...hehehe

Dan alhamdulillah acara berbuka puasa kami berjalan dengan sangat manusiawi...hehehe maksudnya berkesan,..kawan-kawan yang selama ini cuman kenal id di chatbox RPD bisa saling berjumpa, bersilaturahim dalam nuansa kekeluargaan yang akrab. Rentetan acara mulai dengan kenal-kenalan, tazkirah menjelang berbuka yg di bwaiin oleh mas Zaka, berbuka trus sholat dan endingnya makan duren..hehehe semuanya berjalan dengan lancar. dan dengan harapan yang besar dari semua kawan, Semoga persahabatan kita tidak berhenti sampai disini.

Nah setelah acara buka puasa itu mas zaka and bang fadli memfloorkan lagi ide nonton barengnya, "kapan nih kita nontonx esok2 saya sdh sibuk" kata dua orang kawan saya itu. tapi saya tahu mereka pengen nonton gala premier film "zookeeper", so, tak ingin menegcewakan kawan2 sya yg sudah sering membantu saya ini, yah langsung aja kubilang "oke pesan aja malam ini tapi selepas acara buka puasa yah!!, acarax habis pukul 9.00pm ntar,pesan aja tiket bioskop yang jam 10.00pm"...lantas dijawab mereka serempak "oke"....

Nah situasix jadi berubah, ketika ternyata peseerta buka bareng itu memfloorkan ide mau maen futsal dulu di UM selepas acara dirumah,..soalx sebagian besar diantar mereka adalah para penggila bola, belum lagi promosi mas wiend yang mengatakan lapangan futsal UM itu kereen...hehehe. nah Akhirnya lagi-lagi kami harus merubah jadwal nonton kami selepas maen futsal otomatis itu adalah jam tayang midnight atau yang pukul 12.an. Namun Alhamdulillah, ternyata filemnya kereen, lucu nan menghibur juga filosophy dibalik cerita film tersebut bagus juga tuh buat referensi orang2 yang mengejar cinta...Nggak nyesel nonton felem malam itu....hehehe

Nah itulah cerita disebalik kenapa pukul 3 semalam saya dan kawan2 saya itu pulang tengah malam dan dalam keadaan basah kuyup di guyur hujan... hehehe

But anyhow, saya justru bersyukur 2 kali karena sempat kehujanan waktu pulang dari Mid-V pukul 3 malam itu, soalnya waktu di bonceng motor saya sempat mencoba satu tekhnik NLP yang saya baca dri salah satu koleksi buku saya, agar tubuh tidak terlalu kedinginan dan hasilnya waktu tiba dirumah bibir saya tdk sebiru bibir mas zaka, juga gemeritik gigi saya menahan kedinginan tidak separah mas zaka.ataw jangan2 karena posisi saya yg dibonceng yah, jadi saya meluk belakang mas zaka yg menegndarai motor kuning saya itu..... .hehehe anyway thanks to mas zaka yg sudah menjadi "penghangat" saya ketika kami kehujanan and thanks to shabat saya di sumbar sana yang telah "memaksa" saya baca buku2 NLP demi kesehatan...hahaha..

Dan syukur saya yang kedua adalah ketika tiba di rumah saya dalam kondisi yang sangat lapar...hehehe so pulang2 langsung makan sop ayam special sisa bukaan tadi,..nggak tanggung-tanggung 2 mangkok gede saudara-saudara....

So akhirnya week end special saya kali ini di akhiri dengan menikmati sop ayam special buatan mbak Dian.dkk pada pukul 4 shubuh..itung2 sekalian sahuran..hehehe....

Week end 12,13,14, Agustus, 2011.

"B"










3 comments:

vidya said...

Hahaha... seru, terutama bagian yang Haikal lagi nongkrong :D

vidya said...

Oiyah, anyway busway, lepas dari keterpaksaannya, kayaknya Kak Budi emang yang paling COCOK koq buat pegang anak2 pre-schooler ini. Thx a bunch ya Kak, jazzakaLlahu khoir wa katsir :)

Budi Hamuddin said...

iya alhamdulillah,.. bersama anak2 itu merupakan pengalaman yg indah