Pages

Tuesday, June 7, 2011

Karangan Pertamaku..



Selepas shubuh tadi pagi, aktifitas pagi sudah bermula dengan bersih-bersih rumah dan kamar..hahaha maklum jadwal rutin sebagai anak kost yg patuh terhadap peraturan rumah yang sudah jadi kesepakatan bersama..  Anyhow, pas giliran ngatur and ngerapiin barang-barang di kamar, tanpa sengaja saya menemukan tumpukan DVD back-up data-data lama saya.. yang biasanya memang suatu kewajiban kalau kompy atau lepy milik saya di format dgn windows yang baru. Selepas di instal balik biasanya tidak semua file ku copy balik ke kompi atau lepiku lagi.. 

Diantara 3 keping DVD yg kutemukan ditumpukan buku-buku lama, ada satu DVD yang tiba-tiba saya tertarik untuk membukanya mumpung si lepy lagi on dan lagi konsisten mengalunkan lagu-lagu semangat dari group the beatles sebagai pengantar bersih-bersih rumah pagi tadi.

Ternyata ada satu file "bersejarah"....  yang kutemukan didalam DVD berwarna emas itu... .... Ini kumpulan tulisan-tulisan nggak jelasku selama ini... di DVD itupun kutemukan "karanganku" yang pertama... Sebelum karya perdana saya ini, saya nggak pernah loh nulis cerpen, prose atau genre sastra sendiri, kecuali puisi-puisi nggak jelas ketika masih gabung dengan kawan-kawan kreatif di komunitas TALAS semasa S1 dulu. 

Nah DVD temuanku pagi tadi itu merangkum tulisan-tulisan saya semenjak "ketemu" Bu Helvy..dan akhirnya jadi hobi nulis.    

Tulisan pertamaku..hehe... seingat saya sih, memang saya belum pernah nulis-nulis yang kayak gituan sebelumnya, paling nulis yah; tugas, paper atw nulis sms aja..hehehe.  

Nah berkat tulisan pertama itulah yang menjadi salah satu momen yang menginspirasi lahirnya blog "dunia bintang" yang sederhana  ini.... Sebenarnya sih, bukan isi dari karangan dari tulisan awal saya itu,... suerr deh tulisan masih nggak jelas gitu..!! tapi lebih pada proses pembuatan dan juga selepas pembuatan "karangan" pertama saya itu... yang sampai melibatkan orang-orang hebat danakhirnya menjadi titik balik buat saya suka nulis-nulis.. penasaran nggak...??


Ceritanya begini....

Kalau andrea hirata pernah jadi tukang jaga toko foto copy...saya juga pernah loh..hahaha,.. Nah kisahnya bermula dari situ ..


Waktu itu saya lagi nyambi kerja di sebuah kedai fotocopy sekaligus tempat internetan, tentu saja selepas jam perkuliahan.  Trus waktu itu sekitar lepas isya ada kawan cewek yang juga senior saya di UM. Nah dia datang pengen poto copy flyer juga arsip-arsip buat acara esok pagi di IPS-UM. 

Dia ini aktifis mahasiswa Indonesia di Malaysia. Trus saya bantuiin, sambil mengcopy kertas-kertas ..yaah kami cerita-ceritalah.. ternyata program untuk esok itu adalah diskusi penulisan dengan 2 narasumber yang hebat.. narasumbernya nggak tanggung-tanggung  yakni Helvy Tiana Rosa dan Alwi Alatas.

Siapapun pecinta sastra di Indonesia tahu siapa bu Helvy Tiana Rosa beliaulah yang disebut majalah kompas  lokomotif penulis muda di Indonesia. Sebagai ketua umum pertama FLP (forum lingkar pena) bu Helvy ini seorang penulis yang handal. Begitu juga pak Alwi Alatas, sejarawan asal Indonesia ini terkenal produktif menghasilkan buku, (waktu itu pak Alwi belum menjadi ketua FLP Malaysia) nah merekalah yang rencana yang akan berbagi tips serta ilmu penulisan esok pagi.

Nah kata sikawan yang motokopi tadi itu besok peserta diharapkan membawa karyanya masing-masing biar bisa di periksa and diberikan saran-saran penulisan oleh mereka.


BINGO..!! Nah dalam pikiran saya "kapan lagi" ada orang "jago" mau ngajarin saya nulis..gratis lagi!!   

Nah waktu itu jam sudah menunjukkan pukul 10.00pm, sambil jaga warnet itu, saya mulai mengkonsep cerita pendek yang akan saya bawa dan tunjukkan kepada mereka itu, dengan harapan mereka akan mengkoreksi tulisan serta berbagi tips biar tulisan saya semakin bagus..hehehe... nothing to loose!!... 

Anyway kawan-kawan, seperti yang saya ceritakan diatas saya tidak pernah menulis yang kayak seperti itu. Tapi saya punya modal berharga waktu itu... tahu nggak apa ....??


Modal saya waktu itu adalah.. 

Saya sudah mengkhatamkan Laskar Pelangi dan Edenzor (waktu itu sang pemimpi belum saya baca), ditambah karya-karya KHO PING HOO, seri Bu kek siansu ...hahaha


Berbekal sudah membaca karya-karya Andrea Hirata and Kho Ping Hoo itu, saya mencoba memberanikan diri menulis dengan cara meminjam gaya dan plot penulisan mereka berdua...  memang sih masih jauh dari cara penulisan "masterpiece" karya-karya mereka, namun sebagai penulis pemula cukuplah.... yang penting saya bisa berkarya dengan bantuan "mereka"...hehehe.

Setelah mengkonsep alur cerita juga tokoh-tokoh dalam cerita itu, idenya semuanya kuambil dari persekitaran saya waktu itu, walaupun lebih banyak ngarangnya daripada faktanya...hahaha. Nama- nama tokohnya pun kucomot sana-sini termasuk nama si kawan yang tadi datang buat fotocopi...semuanya kumasukin aja...hahaha jadilah karya pertama saya itu dengan judul "artefak"..nggak marketable yah judulnya??... yah maklumlah newbi di dunia tulis menulis. 

OK, kembali ke proses penulisan karya 'bersejarah" saya itu. Pukul 12.00 malam, waktunya pulang dari warnet tempat saya nyambi kerja itu... tiba dirumah, langsung bersih2 diri, makan and sholat... Lalu menulispun dimulai, jam dinding di kamar kost sudah nunjukin waktu itu  hampir pukul 1.00.am.


Dan proses penulisanpun bermula, mulai dengan menyusun balik ide cerita yang sudah dikonsep, plot, karakter-karakter di konstruksi balik.

Nulis.nulis.nulis eeh!!.. saking semangatnya nulis, tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 3.30 pagi..hehehe... Namun alhamdulillah akhirnya tulisanya selesai juga walaupun masih versi cakadutnya.... wkwk.

Selepas shubuh, saya bangun lagi ngedit trus nambahin beberapa hal yang masih saya anggap kurang.... trus di print ...selesai deh!..sipp.sipp..sippp siap dikumpulkan!..... .


Selepas itu mandi dan bersiap-siap mengerjakan aktifitas rutin saya disetiap pagi akhir pekan.  Karena acaranya baru di mulai jam 10.00 pagi, Maka kegiatan kelas-kelas privat saya di minggu pagi tidak terusik. 

Awalnya sih saya fikir bakalan agak sedikit lambat datangnya..eeeh ternyata acaranya ternyata juga molor..hehehe syukur saya nggak telat...saya cuman terlepas acara-sambutan2 ...hehehe  Alhamdulillah.3x.(bersyukur karena tidak ikut acara sambutan soalx kan biasanya banyak and panjang2 ...so kadang2 bikin bete..wkwkwk)


Pada acara yang bertempat di auditoriom Institute of Postgraduate Studies (IPS) Univ Malaya. Saat itulah saya pertama kalinya melihat seorang yang begitu bersemangat bercerita tentang dunia tulis-menulis di Indonesia, dialah ibu Helvy Tiana Rosa, founder sekaligus ketua pertama FLP Indonesia. Pada prolog diawal mbak Helvy berbicara beberapa hal tentang dunia kesustraan di Indonesia, sampai  alasan yang melatar belakangi dia bersama beberapa kawan-kawan penulis mendirikan FLP.   

Anyhow, ternyata misi itu selaras dengan tema yang di usung kawan-kawan cikal bakal pengurus FLP Malaysia yang ngebuat acara dan bekerja sama dengan PPI-UM pada hari itu yakni "Mengorbitkan Penulis Bangsa dan Menggali potensi cita". (Pengen tahu yah, kok saya masih ingat temax..hehee tadi saya ngintip webnya PPIUM, ternyata undanganya masih ada disitu setelah 3 tahun) Bahwa penulis-penulis Islam harus bangkit, Karya-karya bermutu harus tampil kedepan. Misi yang luhur... Saya kagum akan semangat bu Helvy.


Selama diskusi tersebut, ada banyak informasi, ilmu, tips dan trik menulis silih berganti dari kedua penulis tersebut. Nggak rugi deh ikut acara tersebut, bermanfaat banget buat siapa saja yang concern di dunia tulis menulis, baik yang niatnya ntar komersil atau yang hanya sekedar menggoreskan pena buat sharing. 


Nah pada saat sesi tanya jawab inilah sebenarnya, awal saya kepikiran mau nulis-nulis juga, waktu itu saya diberi kesempatan bertanya sama moderator..(untung tangan saya cepat ngacung, soalnya banyak saingan..hehe).... Lalu saya bertanya tentang bagaimana sih menjadi penulis yang andal kayak ibu... soalx saya ...bla.bla.bla sembari menceritakan siapa saya, yang merasa nggak berkemampuan buat nulis-nulis.


Jawabanya ternyata diluar dugaan saya... dia menjawab.... "jam terbang"... Lalu diapun memberikan nasehat kayak gini.. "menulislah..menulislah terus.. menulislah tentang apa saja, jangan pernah khawatir tulisanmu jelek atau tidak dibaca orang..menulislah, menulislah  terus sampai saatnya nanti... tulisanmu pasti akan bagus jua...!!... 


Siapapun dia kalau dinasehatin sama orang sekaliber Bu Helvy pasti ada getaran tersendiri kan?.... Nah saudara-saudara, itulah yang terjadi dengan saya ketika itu. 

Ditambah lagi keesokan harinya dapat nasehat dari pak Alwi lewat emailnya sekalian memberikan hasil koreksian "karangan" pertama saya itu. akhirnya semakin menambah keinginan saya untuk bisa menulis juga. 


Namun waktu itu masih bingung juga sih harus nulis apa, dimana dan kapan seharusnya saya nulis-nulisnya. 

Sampai akhirnya semingguan lebih selepas acara itu. Waktu itu kami masih aktif ngumpul-ngumpul di Indonesian Corner IPS-UM,  Salah seorang sahabat baik saya, bilang gini, waktu itu kayanya'dia lagi bete' nungguin kecenganya yang nggak muncul-mucul, trus dia bilang  ..."bud kita buat blog yuk,..!" .... "buat blog Lin?"  jawab saya, setengah bertanya ke sahabat saya  yang namanya MarLINi tersebut..." iya buat asyik-asyik aja" .... "ayo" jawabku akhirnya Dan akhirnya  kami sama-sama ngebuat blog hari itu juga.


Memang "semesta mendukung" memilihkan media blog untuk saya belajar nulis. hehe...  lagi bingung mau pakai media apa... jawabanya ternyata datang dari sikawan itu. Nah bermula lah kisah nulis-nulis saya di Blogspot.com thanks to Ilin dgn "asyik-asyik aja-nya" yang  memulai petualangan saya di dunia perblogan..wkwkwkk,...Penasaran dengan sahabat baik saya yang ngajakin buat blog for the first time, alamat blognya bisa dilihat  disini.


Anyhow setelah "berguru" di forum-forum blogger, ternyata ada 2 hal yang disarankan ketika mau start nge-blog. Yang pertama nyari penyedia blog yang bagus, dan akhirnya pilihan kami mengkerucut menjadi 3 yakni yakni Blogspot.com. wordpress.com dan multiply.com. dan si kawanpun memilih blogspot.com sebagai sarangnya.

Karena  diforum-forum blogger itu saya dapat tahu bahwa setiap blog punya kelebihan dan kekurangan masing-masing maka saya memutuskan mecoba ketiga-tiganya...hahahaha. but anyhow sampai hari ini blog saya yang masih exist adalah yang ini yang mengambil domain di blogspot.com. yang dua lagi masih aktif kok cuman karena satu dan lain hal jarang dikunjungin and cuman jadi "gudang" arsip-arsip tulisan yang nggak terpublish...hehehe


Satu  nasehat lagi yang saya dapat dari "dedengkot" blogger di sebuah forum komunitas blogger yaitu.. "objectives" yang akan menjadi jiwa dari blog kita.. atau tujuan kenapa kita membuat blog itu. menurutnya orientasi tulisan-tulisan kita atau apapun yang kita posting didalamnya akan mengacu kesana. Dengan adanya 'objectives" ini, akan sangat ngebantu "menjaga" blog kita agar berumur panjang serta mampu membedakan jenis "kelamin" blog kita dari blog-blog lainya.  

Akhirnya ku set lah 2 objectives buat blog ku...


Yang pertama adalah sebagai medium yang bisa menasehati saya, agar "jangan nakal" dan tetap semangat dalam pejalanan mengejar cita-cita dan impian. makanya diawal-awal ngeblog  saya banyak memposting tulisan-tulisan "motivasi" yang saya  copy-paste atau sadur dari blog serta motivator-motivasi handal yang saya kagumi. Ini semua agar saya bisa lebih termotivasi dan berdisiplin dalam kehidupan sehari-hari. 


Alasan yang kedua adalah agar blog ini sebagai  medium  "rekam-jejak"  buat orang-orang yang mengenal saya. Blog ini sebenarnya saya ingin dedikasikan buat anak-anak, cucu, cicit saya kelak.hehehe..  Biar mereka ada gambaran siapa "budi hamuddin"...    Makanya di blog saya kuset 1 label berjudul "dear diary" biarlah itu yang merekam rekam jejak saya sebagai mahasiswa di "University of Life"  ... Kan asyik kalau ntar ada anak saya yg bilang kayak gini.." waah  Ayah dulu orangnya kayak gitu yah" atau cucu atau cicit saya bilang kayak gini " dulu kakek gokil juga yah orangnya..hehehe"... tanpa perlu saya  ada disamping mereka.   


Anyway guys,  sebenarnya objectives yang kedua ini sebenarnya terinspirasi kalimat dari dosen saya di UM loh, yang mengatakan "you'll are never exist if you never write". Maksudnya sih beliau mengispirasi mahasiswa2nya agar rajin buat paper trus ikut seminar atau konfrens2.. and anyhow saya malah terinspirasi nulis blog.hehehe. 


Back to Laptop..I meant back to story.... si "Artefak"  ternyata karangan pertamaku, yang judulnya nggak marketable dan isinya nggak karu-karuan itu ternyata menyimpan banyak rentetan kenangan. Last but not least, thanks to bu Helvy Tiana Rosa and Pak Alwi Alatas atas nasehatnya hari tu. Thanks tuk mbak Mar"dina"h atas info and undanganya hari itu (maaf namamu ku cantolkan sebagai karakter dalam karya saya tanpa seizinmu..hehehe)..thanks to bang Ronni, bang Fian  and mas Rudi juga karena menggunakan nama-nama kalian. Tapi kalian nggak bisa menuntut saya loh, soalnya di akhir tulisan saya menuliskan kalimat ini "cerita ini adalah nggak sepenuhnya benar, mohon maaf apabila ada kesamaan nama, tokoh, karakter ataupun peristiwa serta obsesi didalamnya, apa boleh buat, there is nothing new under the sun"..hehehe




Kuala Lumpur May 2011
yang punya blog ini




Budi hamuddin



ps; Tertarik ngebaca article pertama saya, bisa dibaca disini atau kepingin mendownlodnya bisa di sedot disini. Tapi isi diluar tanggungan penulis yah.... maklum newbi!!



1 comments:

Tiara a.k.a Qbow said...

mau juga bang ikutan seminarnya haha