Pages

Tuesday, April 8, 2008

Tips Menjadikan Hari lebih Cerah


Hari yang cerah (boleh dibaca; berkah) bukan ditandai dengan matahari yang bersinar terang atau udara yang sejuk, melainkan dari hati dan pikiran yang segar. Kecerahan suatu hari dimulai dari diri anda sendiri. Kita tahu bahwa sesuatu yang dimulai dengan baik merupakan separuh dari pencapaian tujuan.

Karena itu, memulai aktivitas hari ini dengan kecerahan suasana adalah modal besar untuk menyelesaikan hari dengan baik pula. Bagaimana memulai hari dengan cerah sangat dipengaruhi oleh pola hidup kita.

Berikut beberapa tips ringan agar kita bisa memulai hari dengan cerah:

“Mulailah dari malam hari.”

Kita tak bisa berharap bangun dengan segar jika di malam harinya tak cukup tidur nyenyak. Hari esok yang cerah dimulai dari malam ini. Standar yang bagus untuk waktu tidur pada malam hari minimal 4 jam dan maksimal 8 jam. Malam ini, beristirahatlah sebaik-baiknya, jangan lupa berdoa… mintalah kepadaNya hari yang penuh keberkahan untuk esok yang akan anda lalui…

“Bangun pagi lebih pagi”

Bangunlah lebih pagi daripada terbitnya matahari. Jumpai keheningan dan kesunyian. Pagi buta adalah saat yang tepat untuk menemukan sisi damai dalam diri anda. Jangan lupa tunaikan kewajiban (baca; sholat shubuh)….

Ingat pepatah yang mengatakan… early to sleep early to rise makes you healthy, wealthy and wise..

“Damaikan pikiran dan tentramkan jiwa”

Ketika anda terbangun di waktu pagi tenangkan jiwa jangan terburu melakukan aktivitas. Mengingat kepadaNya (baca; Berdoa) lalu tanyakan pertanyaan ini kepada hati anda;
Yang pertama
Siapa anda?

Yang kedua
Siapa Tuhan Anda?

Semoga pertanyaan diatas bisa mengajak kita untuk memaknai kehidupan ini lebih dalam sehingga kita bisa lebih “aware” hari ini, lalu sampaikan ucapan syukur kepadaNya atas hidup yang masih diberikan kepada kita hari ini. Dan niatkan untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi semesta hari ini.

“Segarkan tubuh”

Minum air. Hirup aroma teh atau kopi yang menyegarkan. Berjalan-jalanlah keluar. Pompa udara banyak-banyak ke dalam paru-paru. Lakukan olahraga ringan, Mandi dengan air segar. Bersihkan tubuh baik-baik.

“Dapatkan sarapan secukupnya”.

Isi perut anda secukupnya. Sarapan yang baik adalah modal untuk kebugaran tubuh anda sepanjang hari. Jangan asal kenyang, namun cukupkan kebutuhan energi dan gizi.

“Sapalah orang-orang yang anda jumpai”.

Terbarkan senyum. Tak peduli apakah matahari bersinar cerah atau mendung menggayut, sapalah orang-orang yang anda jumpai. Tanyakan kabar mereka, maka jangan terkejut jika mereka pun akan membalas senyum anda.

“Jangan mengeluh”

Apa pun yang terjadi, entah itu hari hujan, jalanan macet, kereta datang terlambat, kendaraan mogok, atau apa pun yang terjadi, terimalah semua itu apa adanya.

“Berdoalah”..

Jangan lupa berdoa setiap mau melakukan sesuatu minimal basmalah. Jadi kita siap menerima apapun yang terjadi hari ini, adalah bagian dari takdirnya.

Mari jadikan hari ini lebih cerah dan penuh berkah... baik untuk beraktifitas, sekolah, kuliah, bekerja, berbisnis atau apapaun kegiatan anda

HAVE A BRIGHTER DAY and ALL THE BEST FOR YOU…..!!!

0 comments: