Pages

Friday, September 10, 2010

Cukur-cukuran di Malam Takbiran


Rindu yang menggelora...kalau bisa di simpulkan sih itulah perasaan yg terjadi pada saat itu...bagaimana tidak ...malam ini adalah malam takbiran boo!!....

Malam yang seharusx dihabiskan bersama keluarga dekat untuk menantikan datangx saat2 fitrah di hari yang fitri ... yakni lebaran idul fitri..... rindu yang teramat sangat mengingat ini semenjak di KL +2 taon di Batam, sy blum prnah pulang untuk merayakan malam takbiran dan ber-Idul Fitri di rumah bersama ibu bapak dan saudara-saudari saya.... namun apa mau dikata..inilah "tuntutan peran" dalam naskah kehidupan saya..... maka saya masih harus memainkan peran sebagai mahasiswa rantau yg belum bisa pulkam ke kampung halaman.....


Sedikit flashback kalau mengingat masa2 dulu,..biasax malam takbiran saya bersama kawan2 remaja masjid ikut takbiran keliling kampung atw teriak2 di mushollah kompleks kami yaa saya nyebutx teriak2 soalx lafal ;takbir, tahmid and tahlil waktu takbiran kami nggak jelas2 amat..jadi lebih mirip teriak2 atw lebih parah lagi mirip suara kucing minta kawin..hehee.. kalau yg ini mah hyperbola sih...


Nah memory di masa lalu itu yg coba sy rengkuh sedikit di tanah rantau ini… sekedar informasi… walaupun Malaysia ini mencetuskan diri sebagai negara Islam tpi perayaan takbiranya gak semeriah di Indonesia…. Namun itu tidak mengecilkan hati saya untuk mencari “nuansa takbiran” di KL…

Berkat kemampuan provokatif sy yang diatas rata2..hehehe akhir sy berhasil ngomporin seorang kawan untuk mau menemanin mencari nuansa takbiran langsung di masjid negara Malaysia… berharap di masjid istiqlalnya Malaysia ini kami bisa menemukan pengobat rindu di malam takbiran, maka berngkatlah kami berdua soalx kawan2 yg laen sdh pada mudik balik ke Indonesia , atw ada acara masing..

Setiba di Masjid Negara kami langsung ikut jemaah sholat Isya,.. dan selepas sholat isya… takbiranpun dimulai…. Semua jemaah pada khusyu mengikuti alunan takbir, tahlil dan tahmid yng di lantunkan… tak terasa air mata ini menetes bersamaan lantunan ayat kesyukuran serta ayat2 yg memuji Allah ketika itu… sedih, syahdu tertegun ketika kalimat2 itu terdengar membahana di seantero masjid…. Sedih karena teringat keluarga, juga sedih karena sudah akan segera berpisah dengan bulan suci Ramadhan, sedih karena harus menghabiskan lagi bulan puasa yg ntah apa tahun depan masih diberikan umur panjang agar bisa menjalaninya lagi…. Syahdu karena terlena oleh lantunan merdu sang bilal dan imam yg saling berganti memimpin lantunan ayat2 Allah itu… dan tertegun karena mengingat akan dosa2 dan amal yg cuman dikit buat bekal nanti di akhirat…. Ooh Allah berikan aku kesempatan agar bisa menjalani ramadhanmu ini sampai cucuku-bercucu..yaa Allah Agar amalanku banyak dengan berjalanya waktu….

Sedih sih ketika itu…malah kesanx mellow…tapi yang buat seruu…kami masuk TV oiiyyy,..ternyata acara itu diliput oleh station televisi Malaysia RTM1 dan RTM3 …yaa sejenis TVRI kalau di Indonesia… tapi itu bukan alasan kami sesunggukan dan terisak-isak menangis biar pak kameramen menyorot kami…. Yg jelas kami sedih malam itu dan juga hepi coz’ bisa masuppp tipi…hehehe

Nah selepas acara takbiran atw acara2 yg dilakukan di masjid biasax di masjid2 manapun di m’sia meneyediakan makanan dan minuman buat jamaah… ini salah satu agenda acara favorit kami…makan2…

Selepas balik dri takbiran di masjid Negara,… saya ke markas kawan2 di LT.7 apartment Taman Bukit Angkasa…selain silaturahim, ngatur strategi buat sholat ied esok juga mau minta tlg di cukurin sama kang Asep, kawan yg multi talented itu… soalx dia bukan hanya jago nyukur, banyak hal laenx yg bisa bikin iri orang…hehehe

Namun apa nyana kang Asep ternyata memilih mudik lebaran kali ini trus dari info yg saya denger…dia juga sengaja balik ke Indo biar bisa meminang kekasih idamanx… dan terbukti beberapa hari selepas dia balik ke indo..status di FBnya berubah dari single ke engaged…selamat yah kang…barakollah!!

Untunglah masih ada Mas Elit, ustad lulusan Gontor yang sedang menyelesaikan Thesis masterx di jurusan Quran hadits Univ. Malaya,..ustad muda ganteng yg selalu sumringah inipun ku todong biar bs mencukur rambutku malam itu,.. hehehe…ada dua alasan kenapa sy mau mencukur rambut sy ketika itu..pertama biar esok ketika Lebaran kelihatan lebih fresh trus yg kedua dalam rangka penghematan… hehehe

Dan ternyata tangan dingin mas Elit menghantarkan aku ke gerbang “lebih ganteng” dari tampilan sebelumnya..hehehe ….kalau bukan sya yg muji diri sendir trus siapa lagi dong…hahaha www.narsis_mode.on

Nah kebetulan ketika itu sahabat saya yg tak kalah gantengx dengan saya mas Zainal yang sebelas dua belas alasannya dengan saya …..pengen juga di cukur sama mas Elit artinya no. antrian dia selepas saya..hehe tapi krn sy ngelihat mas Elit sdh kecapean selepas mencukur saya..maka saya menawarkan bantuan agar saya saja yg ngecukur rambutnya… dan dia mau aja saya cukur.. nah inilah awal dari penyesalanx dia selama berminggu2 kedepan..hehehe

Akhirnya selepas bergelut sampai jam 2 pagi akhirx sy berhasil meneyelesaikan operasi pangkas rambut pertama saya setelah bertahun2 nggak pernah lagi memangkas rambut orang…dan hasilx “cukup mengecewakan”…. Hehehe… mas Zainal nggak bertambah gantengnya….. untung dianya adalah salah satu lulusan terbaik pesantren Gontor jadi masalah bersabar dia sangat paham..hehehe sambil mengucapkan “thank you” dia mengamati rambut barux yg mirip Leonardo di Caprio lepas ketiban tangga di cermin..saya yakin dalam hati di pasti bilang “ini yg terkahir kalinya sy mau dicukur sama bang budi”….hehehehe…sorry dorry morry mas yaa,... tapi dikau cukup ganteng kok dimataku .. hehe


Memory malam takbiran 2010 di KL

Budi Hamuddin

0 comments: