Pages

Monday, July 11, 2011

Demonstrasi VS Masak = Demonstrasi Masak


Gara-gara  barisan oposisi nge-demo kerajaan malaysia sabtu kemarin Kuala Lumpur terasa lumpuh..  Kuala Lumpur berubah jadi kuala lumpuh. Itulah yang terjadi di hari kemaren, si Kuning versus si Merah, dimana-mana nampak barisan oposisi berpakaian mayoritas "kuning" turun kejalan berdemo. Di sisi lain para pendukung pemerintahan yang identik dengan kaos "merah" juga tak ketinggalan pada berdemo juga. 

Impaknya dari si merah versus si kuning ini,  kota Kuala lumpur yang lagi geliat-geliatnya ngebangun infrastruktur dan ekonominya ini langsung lumpuh. Efek, dampak impak atau whateverlah terminologi yg menggambarkan akibat dari demo besar-besaran yang digalang barisan oposisi ini tidak hanya berdampak bagi warganegara M'sia tapi kami juga para musafir yang numpang belajar and nyari hidup disiniterkena akibatnya juga , kami jadinya nggak bisa kemana-mana.... padahal weekend loh.

Yang lucu lagi kmaren adalah tunggangan harian saya si "bumble bee" motor kesayangan saya itu, terpaksa ngetem seharian di parkiran apartment. Soalnya warna catnya "kuning" mencolok, sama seperti warna kendaraan tunggangan Sam Witwicky tokoh utama film "Transformers". Jujur aja sebenarnya sebenarnya nama motor  saya sengaja nge-jiplak nama salah satu nama mobil transformers yaitu si kuning "bumble bee".. wong sama-sama kuning kok, bedanya dijumlah roda aja, sekalian numpang ngetrend...hehehe. 

Terpaksa deh si bumble bee terpaksa ngetem diparkiran, soalnya takutnya ntar kena sweeping  polisi diraja Malaysia (PDRM) yang akhir-akhir ini agak super-sensistif dengan segala yang berwarna kuning. Lagian sabtu kmaren memang itu memang situasi di M'sia agak lumayan "panas" selain suhu udara yang lumayan gerah,  dimana-mana polisi juga nampak dalam kondisi siaga satu, termasuk dilingkungan kampus kami di Universiti Malaya, yang merupakan kampus tertua di M'sia. Rasanya seperti mau persiapan perang aja soal hampir di setiap fakultas polisi berjaga-jaga dengan alasan demi menjaga kemanan negara. 

Sudah si "bumble bee" nggak bisa di ajak jalan-jalan di akhir pekan sambil nyari  ringgit seperti biasa.  Yang beratnya lagi,  kmaren itu semua transportasi umum yang menjadi andalan M'sia juga ikut di parkir baik itu kereta listrik (LRT), Monorel (MRT), Kereta Api (KTM) Rapid train,  Bus Rapid.dll, walhasil orang-orang pada kesulitan mau kemana-mana,

Tapi lagian mau kmana juga di KL, lagi nggak kondusif gitu kok, nyari penyakit aja, ntar tahu2 di ciduk trus dideportasi..hahaha. Fyi,  undang-undang ISA (Internal Security Act) kerajaan M'sia ini di beberapa point malah jauh lebih "kejam" di banding undang2 subversif saman pak Harto.. 

So daripada nyari penyakit kluar ke pusat kota,. sabtu kmaren rencananya saya mau makai pilosofi hidup orang Italia "Il dolce far niente"  or "The sweetness of doing nothing"... atau klw di terjemahin ke bahasa Idonesia yang baik dan benar berarti .. "Nikmatnya bermalas-malasan"...hehehe...

Tapi keburu keinget hari ini jadwal joging rutin di hillpark. yah sudah ntar lepas joging baru bermalas-malasan. Akhirnya pagi itu  begitu matahari mengintip dari gedung-gedung pencakar langit di KL, dengan memakai seragam bak atlit pelatnas serta tas pungung berisi bekal, langsung ku berjoging ria ke hutan kota Hillpark.

Eeeh...!! Waktu joging, ktemuan dengan Bang Krismadinata Chaniago bareng istrinya bu Hilma Raimona  serta anaknya yg lucu si Fatih, dua orang dosen di Unand padang yang juga ngambil PhD di UM yang kbetulan juga tetanggan di pantai dalam... setelah say hello-say hello gitu akhirnya kami melanjutkan agenda joging masing-masing. Sebenarnya sih sempat ngiri juga ngelihat mereka satu keluarga joging bareng, gimana-gimana gitu ngelihatnya. ... jadi kepeeengeenn juga!!!..hehehe

Anyway, balik ke apartment selepas joging rencana buat ngerasaiin "Il dolce far niente" sudah kebelet. lagian kan nggak bisa kmana2 juga,.murid-murid privat di akhir pekan sdh pada diliburin jadi, kampus juga nggak bisa didatangin, so  nggak ada planning2 kmana lagi bermalas-malasan bisa nih pikirku.... Tapi pas sampai dirumah ngelihat rumah agak kotor, jadi malah ngambil sampu buat nyapu.. dalam hati waktu itu cuman bergumam "sambil ngeringin keringat, nggak papa nyapu rumah walapun bukan jadwal saya".

Trus selepas nyapu haus,.. so mesti minum fresh orange nih,.. tapi pas ngebuka kulkas sambil minum didepan kulkas kepikiran kok kulkas kami ini baunya sudah mulai aneh. Baru teringat ternyata kulkas ini terakhir saya bersihkan waktu masuk rumah ini so sdh 6 bulanan lebih nih, pantaslah baunya sudah aneh.

Akhirnya yah sudah rencana malas-malasan dipending dulu sampai ngebersihin kulkas selesai. Kulkasnya ku matikan trus barang-barang yang ada di kulkas kukeluarkan rak-raknya lalu kubersihkan satu persatu. setelah kuteliti barang2 yang tadinya adalah isi kulkas ternyata banyak juga, di freezernya aja ada ikan yg mentah maupun yg sudah diblender, potongan daging sapi + santan beku trus di bagian lainya ada cabe, tomat, sayuran serta berbagai bumbu-bumbu masak.

Trus kepikiran lagi mending masa-masak aja dulu trus makan trus baru ngerasaiin "Il dolce far niente"... hehehe ide yang bagus..!! akhirnya terputuskanlah untuk masak "tomyam campur ikan+daging". sama mpek2 palembang. Mumpung bahan lagi ada, bumbu juga lengkap waktu sedang lowong akhirnya masak-memasak pun jadi aktivitas sabtu kemaren ....

So sabtu kmaren ketika orang-orang M'si lagi lagi sibuk berdemonstrasi, saya juga dirumah lagi sibuk berdemonstrasi ..tapi demonstrasi masak .... hehehe


Kuala Lumpur, 2011



Ps:
Tulisan ini dibuat saking banyaknya yang nanyaiin; kabar saya, trus waktu demo sabtu kmaren ngapaiin aja.. 
malah ada yg lebih radikal pertanyaanya,... jangan2 ente bud yang ngegerakin demo itu...hehehe...  

so tulisan ini dibuat sebagai 'pledoi' saya....

0 comments: