Pages

Sunday, September 20, 2009

I just love this song..donna..donna


Pernah nggak kalian menonton film Indonesia berjudul “GIE” … percaya atau tidak saya harus menunggu hampir setahun untuk menghabiskan film itu..

Awalnya ketika itu saya lagi bertamu di tempat kawan sekalian mau numpang tidur jadi nggak usah balik lagi ke rumah..tapi apa nyana di di kamar itu kawan2 lagi nonton film GIE pas adegan Sita nyanyiin lagu yg berjudul “Donna donna”… dalam hati kok nyetel banget lagu sma kondisi hati saat itu.. setelah lagu itu habis, saya pergi rebahan tanpa menghiraukan 2 org kawan yg masih asyik nonton film tersebut di laptop mereka.. nah setelah mereka finish nonton giliran saya yg makai laptop tadi penasaran film apa sih??... so saya nonton…tapi pas pertengahan film ada sms penting masuk, yang mengharuskan sy mengakhiri acara nonton dan pulang malam itu ke apartment.. jadi saya berinisiatif….copy aj dech tuch film, ntar di kamar baru nonton… so saya copy ke Flash disk 4 giga saya dan dgn langkah teratur pulang ke rumah..

Tapi pas sampe rumah nggak sempat nonton lagi saking banyakx aktifitas … trus sampai akhirx flash disk sy hilang ntah dimana..hiks… (masa itu, 4 giga sudah lumayan boo..) ..

Eniwei forget about the lost Flash disk, pendrive, thumb drive or whateverlah namax, tadi pagi pas liat di koleksi daftar koleksi film yang saya copy dari kawan di kolej 11 di awal puasa, maksudnya sih amunisi menjalani bulan puasa… karena kebetulan diluar rumah ujan lebat ..en nggak bisa kemana2.. trus kunyalakan laptop dan search a good movie to watch … Nah di antara daftar film yg kukopi dari kawan itu ada film GIE lagi..hahaha ..horee..

Ada 2 hal yg membuat ku suka terhadap film GIE ini yg pertama idealisme yg diperlihatkan oleh Soe Hok Gie yang diperankan oleh Nicholas Saputra dan yg kedua karena ada lagu tadi itu .. donna.donna. donna…

Pas pula ada kawan baik yg hapal itu lagu makax setiap saya bertemu dia kuminta ia menyanyikan lagu itu… suarax lumayan 11,12 or beda2 tipislah sama sita atau joan baez yg mempopulerkan lagu itu.

Lirik lagu itu sebenarnya sederhana sih, namun powerx justru ada pada kesederhanaanx itu, ketika lirik itu bercerita,.. kita terasa turut merasakan beban yang di tanggung orang lain (baca; si sapi.. hehe).

Setelah search di halaman wikipedia ternyata lagu tersebut berasal dari Eastern and Central Europe dan dinyanyikan dalam bahasa Yiddish lalu di terjemahkan kedalam banyak2 bahasa termasuk ke dalam bahasa inggris apatah lagi setelah lagu itu dipopulerkan oleh Joan Baez maupun Donovan diawal tahun 1960an, semakin banyak diterjemahkan oleh orang2 dari berbagai negara.

Eniwei,… bagi yang suka juga lagu Donna..donna..donna, seperti sy ini dia lyricx dan lirik aslinya;

Yiddish transliteration

Oyfn furl ligt dos kelbl,
Ligt gebundn mit a shtrik.
Hoykh in himl flit dos shvelbl,
Freyt zikh, dreyt zikh hin un tsrik.

Chorus:
Lakht der vint in korn,
Lakht un lakht un lakht,
Lakht er op a tog a gantsn
Mit a halber nakht.
Dona, dona, dona, ...

Shrayt dos kelbl,
zogt der poyer:Ver zhe heyst dikh zayn a kalb?
Volst gekent dokh zayn a foygl,
Volst gekent dokh zayn a shvalb.

Chorus

Bidne kelber tut men bindn
Un men shlept zey un men shekht,
Ver s'hot fligl, flit aroyftsu,
Iz bay keynem nit keyn knekht.

Chorus


Translation by Kevess & Schwartz
On a wagon bound for market
There's a calf with a mournful eye.
High above him there's a swallow
Winging swiftly through the sky.

Chorus:
How the winds are laughing
They laugh with all their might
Laugh and laugh the whole day through
And half the summer's night.
Dona, dona, dona...

"Stop complaining," said the farmer,
"Who told you a calf to be?
Why don't you have wings to fly with
Like the swallow so proud and free?"

Chorus

Calves are easily bound and slaughtered
Never knowing the reason why.
But whoever treasures freedom,
Like the swallow has learned to fly.

Chorus
video